Madu Klanceng

Madu Klanceng

Sejak zaman Rasulullah SAW, madu kerap digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit karena dinilai aman dan punya nilai yang cukup tinggi. Bahkan sebuah hadits dikatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda “Jika ada kebaikan pada penyembuhan kalian, maka itu ada pada hijamah atau minum madu atau sengatan api. Namun aku tdak menyukai dengan cara kau (sundut dengan besi panas)” – Riwayat Bukhari dan Muslim.

Di Al Qur’an, madu juga disebut sebagai minuman penduduk surga, maka dari itu tak heran kalau pengobatan atau menjaga imunitas tubuh kerap menggunakan bahan alami satu ini.

Dari sekian banyak madu yang sering dikonsumsi oleh masyarakat, nama Madu Klanceng bisa dibilang paling  dicari. Namun bagi Anda yang baru pertama kali mendengar nama tersebut mungkin akan merasa asing atau kurang mengenal apa itu sebenarnya Madu Klanceng.

Apa itu Madu Klanceng?

Tahukah Anda? Madu Klanceng merupakan madu alami yang dihasilkan oleh lebah Trigona Sp dan tergolong langka, karena selain sulit didapatkan, jumlah produksi madu yang dihasilkan lebah tersebut tidaklah banyak yakni hanya kisaran tiga hingga empat liter saja per koloni lebah. Perbedaan madu Klanceng dengan madu hitam atau madu lainnya adalah pada rasa dan tingkat kekentalan. Kalau madu yang biasa dibeli di toko herbal atau apotek rasanya manis dan kental, maka hal tersebut kontras dengan madu Klanceng yang punya rasa agak sedikit asam dan lebih cair atau encer.

Komposisi atau Kandungan dalam Madu Klanceng

Pada madu Klanceng, terdapat banyak kandungan alami yang akan bekerja dengan baik apabila dikonsumsi. Seperti berikut ini:

  • Ada banyak kandungan vitamin seperti asam askorbat (C), (B5), asam pantotenat, Niasi, Asam folat, Thiamin (B1), Riboflavin (B2), (B3), dan vitamin K.
  • Terdapat kandungan propois dan bee pollen karena antara kantong madu dan sarangnya menjadi satu di tempat yang sama.
  • Mengandung mineral seperti Natrium (Na), Magnesium (Mg), Besi (Fe), Alumunium (A1), Kalium dan fosfor, sodium klorin, pottasium, serta sulfur.
  • Plant origin dan Lilin sebanyak 25% sampai 35%
  • Minyak volatil sebanyak 10%
  • Terdapat pula enzim seperti Inertasem glukosa oksidase, diatase, peroksidase, fruktosa, lipase. Kemudian beberapa zzar seperti tembaga, iodium, dan zink juga memperkaya kandungan alami madu Klanceng ini.
  • 14 mineral mikro, keton, lacton, asam benzoat, vitamin, karbohidrat, quinon, dan steroid.
  • Polen yang terdiri dari protein dengan 16 asam amino lebih dari 1%, kemudian ditambah arginine dan proline yang berjumlah 46%.

Manfaat dan Fungsi Madu Klanceng bagi Kesehatan Tubuh

  1. Menormalkan kadar gula dalam tubuh dan mencegah penyakit kencing manis
  2. Mengembalikan fungsi otak dan meningkatkan daya ingat
  3. Menjaga kesehatan jantung
  4. Menjaga kekuatan dan meningkatkan imunitas tubuh terhadap penyakit sehingga jarang terserang sakit
  5. Mencegah penyakit stroke dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh
  6. Meredakan rasa lelah, capek, lemah, dan nyeri pada tubuh
  7. Anti inflamasi atau peradangan dan mencegah terjadinya infeksi
  8. Membuat tubuh lebih rileks
  9. Mencegah tubuh dari penyakit kanker (kandungan antkarsinogenik)
  10. Menurunkan kadar kolestrol dan mengendalikan tekanan darah dalam tubuh
  11. Memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan meregenerasinya dengan sel baru
  12. Memulihkan kondisi fisik tubuh pasca melakukan operasi
  13. Menjadi sumber energi setiap hari yang bisa menyehatkan dan membuat tubuh selalu tampil prima meski cuaca kerap berubah-ubah
  14. Sebagai penyeimbang gula bagi penderita diabetes
  15. Mampu mengobati penyakit kulit seperti luka, tergores, borok, dan sejenisnya.
  16. Bisa dijadikan bahan perawatan kulit di bidang kecantikan seperti masker.
  17. Mengobati magh dan asam lambung
  18. Menurunkan gangguan tidur atau insomnia
  19. Menjaga berat badan agar tetap ideal tanpa harus takut gemuk

Setelah Anda tahu khasiatnya Madu Klenceng, maka pasti juga timbul pertanyaan, bagaimana kalau madu ini tidak asli alias palsu? Ya, pertanyaan sejenis itu pasti akan muncul karena madu palsu yang dikonsumsi jelas tidak memberikan manfaat nyata atau memberikan perbedaan pada kondisi tubuh. Bahkan malah bisa jadi sumber penyakit karena kandungannya tidak jelas. Oleh karena itu, diperlukan cara bagaimana membedakan madu Klanceng asli dan palsu sebagai berikut.

Perbedaan Madu Klanceng Asli Vs Palsu

  • Madu klanceng asli tidak terfermentasi karena sudah ada kandungan glukosa dan fruktosanya yang benar-benar berkualitas sehingga menjamin originalitas madu ini. Sementara madu Klanceng palsu biasanya tidak tahan terhadap fermentasi
  • Madu Klanceng asli juga punya rasa yang lebih asam atau kecut, sehingga rasa manis tidak mendominasi pada jenis madu ini. Ketika dicicipi, maka rasa asam langsung menyeruak dan bisa dirasakan, ditambah dengan ada sedikit rasa pahit dibalik manisnya. Kendati demikian, rasa madu Klanceng lebih khas dan nikmat saat dikonsumsi. Berbeda dengan madu Klanceng palsu yang beredar, cenderung manis dan aroma gulanya sangat terasa.
  • Kandungan propolis yang terdapat di dalam Madu Klanceng juga menjadi pembeda dari madu lainnya sebab, zat ini bersifat anti bakteri dan bisa mengeluarkan gas atau gelembung-gelembung halus saat botol atau kemasan dikocok/digoncangkan. Semakin lama digoncangkan, maka produksi gas semakin banyak. Nah, berbeda dengan madu Klanceng palsu yang tidak memiliki gas saat kemasannya digoncangkan karena berarti di dalam wadah tersebut berisi sedikit madu, sisanya adalah campuran.
  • Warna madu Klanceng asli memang tidak terpatok pada satu warna saja, karena makanan lebah Trigona Sp juga bermacam-macam. Namun pada umumnya, warna cairan Madu Klanceng adalah coklat, coklat pekat, hingga agak hitam.
  • Karena masih asli dan diambil dari lebah Klanceng atau Trigona, maka aroma madunya tergolong agak langu atau tidak begitu kuat maupun menyengat saat dicium.
  • Jumlah kadar air Madu Klanceng asli rata-rata hanyalah sekitar 20%, sehingga tidak mendominasi kemasan. Berbeda dengan madu Klanceng palsu yang punya kadar air terlalu banyak, sehingga rasa madunya tidak terasa.
  • Madu Klanceng asli juga tidak dijual dengan harga murah apalagi sembarangan, karena jumlahnya yang langka sehingga agak mahal. Namun, meskipun begitu harga dan manfaat yang diberikan setara, jadi tidak akan rugi apabilamembelinya.

Cara mengonsumsi Madu Klanceng

Cara mengonsumsi madu Klanceng yang benar adalah seperti anjuran di bawah ini:

  1. Pastikan minum madu dalam keadaan perut kosong, atau tepatnya pada pagi hari sebelum sarapann pagi sehingga penyerapan nutrisi oleh tubuh bekerja lebih cepat.
  2. Siapkan satu gelas air hangat dan tuang dua sendok makan madu Klanceng ke dalam gelas. Kemudian aduk rata
  3. Biasakan untuk membaca doa dan duduk terlebih dahulu, lalu madu sudah bisa diminum seperti minum air pada umumnya.

Mengonsumsi madu Klanceng bisa dilakukan pada saat pagi hari dan malam hari atau sore hari setelah ashar. Anda juga bisa menambahkan sedikit perasan lemon atau jeruk nipis sehingga khasiatnya juga bertambah banyak. Pastikan untuk mengonsumsi madu Klanceng setiap hari sebanyak dua kali atau sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Harga Madu Klanceng per botol 250 ml @Rp. 150.000